Delphi pemula

Komponen Standard & Additional


Pada komponen Standard terdapat komponen-komponen yang dapat dipergunakan dalam form diantaranya : Button(tombol), Label, Edit, Check Box, dll. Adapun di komponen Additional terdapat komponen-komponen : BitBtn, SpeedButton, MaskEdit, Image, dll.

TUTORIAL PROGRAM


1)      2.3.1 Membuat aplikasi tampilan file *.bmp dan pewarnaan form

a.       Ubah Object Inspector pada form, untuk Width=659, Height=388, Border Icons (biMinimize = False, biMaximize = False), Position = poScreenCenter.
b.       Tambahkan komponen Group Box  pada komponen palette Standard, ubah Object Inspector pada Group Box, untuk Caption = Nama File :, Width=113, Height=161, Top=16, Left=8.
c.       Tambahkan komponen Panel  pada komponen palette Standard, ubah Object Inspector pada Panel, untuk Width=516, Height=337, Top=8, Left=128, BevelInner=bvLowered, BevelOuter=bvRaised. Untuk Caption tidak usah diisi.

    

Gambar 2.1. Tampilan Object Inspector untuk Width,
Border Icons (biMinimize) dan Position


Gambar 2.2. Tampilan Komponen Palette Standard
d.      Tambahkan 3 buah komponen RadioButton  pada Komponen palette Standard, ubah Properties Caption pada Object Inspector dari RadioButton1 menjadi ’Mc Laren-1’, RadioButton2 menjadi ’Mc Laren-2’ dan RadioButton3 menjadi ’King Arhur’, kemudian atur posisinya seperti pada gambar 2.4.

e.       Klik komponen Panel pada form, kemudian tambahkan komponen Image pada komponen palette Additional ubah Object Inspector pada Image, untuk Width=500, Height=321, Top=8, Left=8


Gambar 2.3. Tampilan Komponen Palette Adittional

f.       Tambahkan 2 buah komponen BitBtn  pada komponen palette Additional, untuk BitBtn1 ubah Properties Kind pada Object Inspector menjadi bkCancel dan Caption=Reset, untuk BitBtn2 ubah Properties Kind pada Object Inspector menjadi bkClose, Caption=Tutup, atur posisinya seperti gambar 2.4.


Gambar 2.4. Form Latihan – 3

g.       Tekan tombol  atau klik File dan pilih “Save-All”, simpan unitnya dengan nama Lat3 dan Project-nya dengan nama Plat3.

Double-click Form dan tulis kode dibawah :
  RadioButton1.Checked := False;
  RadioButton2.Checked := False;
  RadioButton3.Checked := False;

Double-click RadioButton1 (Mc Laren-1), tulis kode dibawah :
  Image1.Show;
  Image1.Picture.LoadFromFile('McLaren1.bmp');
  Form1.Color := clAqua;

Double-click RadioButton2 (Mc Laren-2), tulis kode dibawah :
  Image1.Show;
  Image1.Picture.LoadFromFile('McLaren2.bmp');
  Form1.Color := clYellow;

Double-click RadioButton3 (King Arthur), tulis kode dibawah :
  Image1.Show;
  Image1.Picture.LoadFromFile('Arthur.bmp');
  Form1.Color := clLime;

Double-click BitBtn Reset, tulis kode dibawah :
  FormCreate(Sender);
  Image1.Hide;
  Form1.Color := clBtnFace;

Tekan kembali tombol “Save All”. Kemudian jalankan program ini (RUN).



Gambar 2.5. Aplikasi latihan-3 saat dijalankan


2)      Membuat aplikasi sederhana penghitungan gaji karyawan

Pada latihan 2.3.2 dibawah ini, penulis memberikan aplikasi sederhana untuk membuat program visual penghitungan gaji karyawan sederhana.

a.       Klik File pada Window Utama Delphi, dan pilih “New Application”. Ubah Object Inspector pada form, untuk Border Icons (biMinimize = False, biMaximize = False), Position = poScreenCenter
b.      Tambahkan 7 buah komponen Label, 5 buah komponen Edit, 1 buah komponen ComboBox  pada komponen palette Standard.
c.       Tambahkan juga 1 buah komponen MaskEdit , 1 buah komponen BitBtn dan 1 buah komponen SpeedButton  pada komponen palette Additional.

d.      Ubah Caption pada komponen Label di Properties, Label1=”Nama Pegawai”, Label2=”Alamat”, Label3=”Kota”, Label4=”Tanggal Lahir”, Label5=”Gaji”, Label6=”Tunjangan” dan Label7=”Gaji Total”.
e.       Klik komponen MaskEdit yang ada pada form, kemudian klik-kanan MaskEdit tersebut, klik Input Mask Editor. Pilih “Date” dan tekan tombol OK.


Gambar 2.6. Input Mask Editor

f.       Pada BitBtn1 ubah Properties Kind pada Object Inspector menjadi bkCancel dan Caption=Reset.

g.       Pada SpeedButton1 ubah Properties Flat pada Object Inspector menjadi True dan Caption=Tutup, untuk mengambil gambar yang akan diletakkan pada SpeedButton, Klik Properties Glyph pada Object Inspector dan klik kembali tombol yang ada disebelah kanan, klik tombol Load…  apabila keluar tampilan seperti dibawah dan cari file gambar *.bmp yang dikehendaki. Delphi menyediakan berbagai gambar alternatif untuk diletakkan pada SpeedButton. Gambar-gambar tersebut terletak di directory :

“Program Files\Common Files\Borland Shared\Images\Buttons”



Gambar 2.7. Picture Editor

h.      Atur posisi komponen-komponen yang ada pada Form seperti gambar dibawah, Tekan tombol “Save-All”, simpan unitnya dengan nama Lat4 dan Project-nya dengan nama Plat4


Gambar 2.8. Form Latihan - 4
i.        Klik komponen ComboBox1 pada Form diatas, kemudian klik Items pada Properteis di Object Inspector dan klik kembali tombol ([…]) yang ada disebelah kanan sehingga keluar tampilan kemudian isi seperti tampilan dibawah dan klik tombol OK.


Gambar 2.9. String List Editor

Doble-clik Form dan tulis kode dibawah :
  Edit1.Text := '';
  Edit2.Text := '';
  Edit3.Text := '';
  Edit4.Text := '';
  Edit5.Text := '';
  ComboBox1.Text := '';
  MaskEdit1.Text := '';

Klik komponen Edit1 pada form, kemudian klik Event pada Object Inspector, cari instruksi OnKeyPress dan double-klik intruksi tersebut, tulis kode seperti  dibawah :


Gambar 2.10. Tampilan Object Inspector untuk Komponen Edit1 (OnKeyPress)

  if key=#13 then
      Edit2.SetFocus;

Dengan cara yang sama pada instruksi “OnKeyPress” pada Edit1 diatas, klik komponen Edit2. Tulis kode seperti dibawah :
  if key=#13 then
      ComboBox1.SetFocus;

Dengan cara yang sama pada instruksi “OnKeyPress” pada Edit1 diatas, klik komponen ComboBox1. Tulis kode seperti dibawah :
  if key=#13 then
      MaskEdit1.SetFocus;

Dengan cara yang sama pada instruksi “OnKeyPress” pada Edit1 diatas, klik komponen MaskEdit1. Tulis kode seperti dibawah :
  if key=#13 then
      Edit3.SetFocus;

Dengan cara yang sama pada instruksi – k diatas, klik komponen Edit3. Tulis kode seperti dibawah :
  if key=#13 then
      Edit4.SetFocus;

Dengan cara yang sama pada instruksi – k diatas, klik komponen Edit4. Tulis kode seperti dibawah :
procedure TForm1.Edit4KeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);
var
  a,b,c  : Currency;
begin
  if key=#13 then
  begin
    a := StrToCurr(Edit3.Text);
    b := StrToCurr(Edit4.Text);
    c := a+b;
    Edit5.Text := CurrToStr(c);
    BitBtn1.SetFocus;
  end;
end;

Double-klik tombol Reset dan tulis kode seperti dibawah :
  FormCreate(Sender);
  Edit1.SetFocus;

Double-klik tombol Tutup dan tulis kode seperti dibawah :
  Application.Terminate;

Tekan kembali tombol “Save All”. Kemudian jalankan program ini (RUN).


Gambar 2.10. Aplikasi latihan-4 saat dijalankan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Bahasa Lisan dan Tulis

Python Menghitung Jarak