Delphi pemula
Komponen Standard
& Additional
Pada komponen
Standard terdapat komponen-komponen yang dapat dipergunakan dalam form
diantaranya : Button(tombol), Label, Edit, Check Box, dll. Adapun di komponen
Additional terdapat komponen-komponen : BitBtn, SpeedButton, MaskEdit, Image,
dll.
TUTORIAL PROGRAM
1) 2.3.1 Membuat
aplikasi tampilan file *.bmp dan pewarnaan form
a.
Ubah Object Inspector pada form, untuk Width=659,
Height=388, Border Icons (biMinimize = False, biMaximize = False), Position = poScreenCenter.
b.
Tambahkan komponen Group Box pada
komponen palette Standard, ubah Object Inspector pada Group Box, untuk Caption =
Nama File :, Width=113, Height=161, Top=16, Left=8.
c.
Tambahkan komponen Panel pada
komponen palette Standard, ubah Object Inspector pada Panel, untuk Width=516,
Height=337, Top=8, Left=128, BevelInner=bvLowered, BevelOuter=bvRaised. Untuk Caption
tidak usah diisi.
Gambar 2.1.
Tampilan Object Inspector untuk Width,
Border Icons
(biMinimize) dan Position
Gambar 2.2.
Tampilan Komponen Palette Standard
d.
Tambahkan 3 buah komponen RadioButton pada
Komponen palette Standard, ubah Properties Caption pada Object Inspector
dari RadioButton1 menjadi ’Mc Laren-1’, RadioButton2 menjadi ’Mc Laren-2’ dan
RadioButton3 menjadi ’King Arhur’, kemudian atur posisinya seperti pada gambar
2.4.
e.
Klik komponen Panel pada form, kemudian tambahkan
komponen Image pada komponen palette Additional ubah Object Inspector pada
Image, untuk Width=500, Height=321, Top=8, Left=8
Gambar 2.3.
Tampilan Komponen Palette Adittional
f.
Tambahkan 2 buah komponen BitBtn pada
komponen palette Additional, untuk BitBtn1 ubah Properties Kind pada Object
Inspector menjadi bkCancel dan Caption=Reset, untuk BitBtn2 ubah Properties
Kind pada Object Inspector menjadi bkClose, Caption=Tutup, atur posisinya
seperti gambar 2.4.
Gambar 2.4. Form
Latihan – 3
g.
Tekan tombol atau
klik File dan pilih “Save-All”, simpan unitnya dengan
nama Lat3 dan Project-nya dengan
nama Plat3.
Double-click Form dan tulis
kode dibawah :
RadioButton1.Checked := False;
RadioButton2.Checked := False;
RadioButton3.Checked := False;
Double-click RadioButton1 (Mc
Laren-1), tulis kode dibawah :
Image1.Show;
Image1.Picture.LoadFromFile('McLaren1.bmp');
Form1.Color :=
clAqua;
Double-click RadioButton2 (Mc
Laren-2), tulis kode dibawah :
Image1.Show;
Image1.Picture.LoadFromFile('McLaren2.bmp');
Form1.Color :=
clYellow;
Double-click RadioButton3
(King Arthur), tulis kode dibawah :
Image1.Show;
Image1.Picture.LoadFromFile('Arthur.bmp');
Form1.Color :=
clLime;
Double-click BitBtn Reset,
tulis kode dibawah :
FormCreate(Sender);
Image1.Hide;
Form1.Color :=
clBtnFace;
Tekan kembali tombol “Save
All”. Kemudian jalankan program ini (RUN).
Gambar 2.5.
Aplikasi latihan-3 saat dijalankan
2) Membuat aplikasi
sederhana penghitungan gaji karyawan
Pada
latihan 2.3.2 dibawah ini, penulis memberikan aplikasi sederhana untuk membuat
program visual penghitungan gaji karyawan sederhana.
a.
Klik File pada Window Utama Delphi, dan pilih “New
Application”. Ubah Object Inspector pada form, untuk Border Icons (biMinimize =
False, biMaximize = False), Position = poScreenCenter
b.
Tambahkan 7 buah komponen Label, 5 buah komponen Edit,
1 buah komponen ComboBox pada
komponen palette Standard.
c.
Tambahkan juga 1 buah komponen MaskEdit , 1 buah komponen BitBtn dan 1 buah komponen
SpeedButton pada
komponen palette Additional.
d.
Ubah Caption pada komponen Label di Properties,
Label1=”Nama Pegawai”, Label2=”Alamat”, Label3=”Kota ”, Label4=”Tanggal Lahir”, Label5=”Gaji”,
Label6=”Tunjangan” dan Label7=”Gaji Total”.
e.
Klik komponen MaskEdit yang ada pada form, kemudian
klik-kanan MaskEdit tersebut, klik Input Mask Editor. Pilih “Date” dan tekan
tombol OK.
Gambar 2.6. Input
Mask Editor
f.
Pada BitBtn1 ubah Properties Kind pada Object
Inspector menjadi bkCancel dan Caption=Reset.
g.
Pada SpeedButton1 ubah Properties Flat pada Object
Inspector menjadi True dan Caption=Tutup, untuk mengambil gambar yang akan
diletakkan pada SpeedButton, Klik Properties Glyph pada Object Inspector dan
klik kembali tombol yang ada disebelah kanan, klik tombol Load… apabila keluar tampilan seperti dibawah dan
cari file gambar *.bmp yang dikehendaki. Delphi
menyediakan berbagai gambar alternatif untuk diletakkan pada SpeedButton.
Gambar-gambar tersebut terletak di directory :
“Program Files\Common Files\Borland Shared\Images\Buttons”
Gambar 2.7. Picture
Editor
h.
Atur posisi komponen-komponen yang ada pada Form
seperti gambar dibawah, Tekan tombol “Save-All”, simpan unitnya dengan
nama Lat4 dan Project-nya dengan
nama Plat4
Gambar 2.8. Form
Latihan - 4
i.
Klik komponen ComboBox1 pada Form diatas, kemudian
klik Items pada Properteis di Object Inspector dan klik kembali tombol ([…])
yang ada disebelah kanan sehingga keluar tampilan kemudian isi seperti tampilan
dibawah dan klik tombol OK.
Gambar 2.9. String
List Editor
Doble-clik Form dan tulis kode
dibawah :
Edit1.Text :=
'';
Edit2.Text :=
'';
Edit3.Text :=
'';
Edit4.Text :=
'';
Edit5.Text :=
'';
ComboBox1.Text
:= '';
MaskEdit1.Text
:= '';
Klik komponen Edit1 pada form,
kemudian klik Event pada Object Inspector, cari instruksi OnKeyPress dan
double-klik intruksi tersebut, tulis kode seperti dibawah :
Gambar 2.10.
Tampilan Object Inspector untuk Komponen Edit1 (OnKeyPress)
if key=#13 then
Edit2.SetFocus;
Dengan cara yang sama pada
instruksi “OnKeyPress” pada Edit1
diatas, klik komponen Edit2. Tulis kode seperti dibawah :
if key=#13 then
ComboBox1.SetFocus;
Dengan cara yang sama pada
instruksi “OnKeyPress” pada Edit1
diatas, klik komponen ComboBox1. Tulis kode seperti dibawah :
if key=#13 then
MaskEdit1.SetFocus;
Dengan cara yang sama pada
instruksi “OnKeyPress” pada Edit1
diatas, klik komponen MaskEdit1. Tulis kode seperti dibawah :
if key=#13 then
Edit3.SetFocus;
Dengan cara yang sama pada
instruksi – k diatas, klik komponen Edit3. Tulis kode seperti dibawah :
if key=#13 then
Edit4.SetFocus;
Dengan cara yang sama pada instruksi
– k diatas, klik komponen Edit4. Tulis kode seperti dibawah :
procedure
TForm1.Edit4KeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);
var
a,b,c
: Currency;
begin
if key=#13 then
begin
a := StrToCurr(Edit3.Text);
b := StrToCurr(Edit4.Text);
c := a+b;
Edit5.Text := CurrToStr(c);
BitBtn1.SetFocus;
end;
end;
Double-klik tombol Reset dan
tulis kode seperti dibawah :
FormCreate(Sender);
Edit1.SetFocus;
Double-klik tombol Tutup dan
tulis kode seperti dibawah :
Application.Terminate;
Tekan kembali tombol “Save
All”. Kemudian jalankan program ini (RUN).
Gambar 2.10.
Aplikasi latihan-4 saat dijalankan
Komentar
Posting Komentar